PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA BUNTU BURAKE) KABUPATEN TANA TORAJA

Penulis

  • inda bangkulu stim-lpi makassar
  • nashria akil
  • hasiah hasiah

Kata Kunci:

Kata kunci: Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wiasatawan (studi kasus pada objek wisata Buntu Burake) Kabupaten Tana Toraja.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive Sampling yang dimana jumlah sampel yaitu 4-5 orang responden per hari selama 30 hari Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer. Hasil penelitian ini menujukan bahwa fasilitas memilki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung  akan tetapi kualitas layanan memilki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan fasiltas. Kesimpulan dari penelitian ini kepuasan pengunjung lebih mendominasi dalam melakukan rekomendasi untuk datang kembali dibandingkan dengan fasilitas layanan wisata buntu burake.     

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayan an Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 180–194. http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481

Andini, S. W., Salahuddin, M., & Wijaya, P. A. (2024). Pengaruh Fasilitas Penunjang Kawasan Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung ( Studi Kasus Wisata Pantai Ampenan ). 5(1), 533–542.

Aurora, Y., Latief, R., & Taking, I. (2022). Upaya Pengembangan Pariwisata Buntu Burake. Journal of Urban Planning Studies, 3(1), 36–41. https://doi.org/10.35965/jups.v3i1.328

Binawa, I. G. P., Indrawati, Y., & Mananda, I. G. P. B. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keselamatan Wisatawan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Daya Tarik Wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2174–2182. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1556

Falaq, M., Sjukriana, J., & Nur Afifah, H. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Fasilitas Wisata pada Kepuasan Pengunjung Wisata. Global Research on Tourism Development and Advancement, 4(1), 1–24. https://doi.org/10.21632/garuda.4.1.1-24

Fanggidae, R. P. C., & R. Bere, M. L. (2020). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Fasilitas Wisata di Pantai Lasiana. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.12962/j26151847.v4i1.6833

Gian, T., Setyowati, P., Marpaung, N. N., & Ardista, R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Kasus di PT . Permata Birama Sakti ). 7(1), 123–140.

Indriani, C. D. (2016). Pengaruh Harga Tiket, Fasilitas dan Daya Tarik terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Pangandaran Provinsi Jawa Barat. In Skripsi.

Jayanti, N. L. S., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Fasilitas Serta Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Domestik Objek Wisata Taman Air Tirtagangga. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(3), 306–312. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.37309

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-21

Terbitan

Bagian

Artikel