https://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/jkomers/issue/feed Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan 2024-10-29T08:04:02+00:00 Andi Irfan aisyamaharani.ai@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan (JEKOMERS),</strong> ISSN: 3063-5616 online . Jurnal <strong>JEKOMERS</strong> diterbitkan STIM-LPI Makassar, terbit setahun 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu bulan januari ,april, Juli dan oktober. menerapkan proses peer-review dalam memilih artikel berkualitas berdasarkan penelitian ilmiah dan teoritis. <strong>JEKOMERS</strong> diterbitkan untuk mengembangkan dan memperkaya diskusi ilmiah bagi para sarjana dan penulis yang menaruh minat pada isu-isu sosial-budaya di Indonesia. Redaksi menerima artikel berbasis teori dan penelitian. Cakupan keilmuan Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Kewirausahaan adalah jurnal yang memuat tentang hasil-hasil penelitian ilmu manajemen yang terdiri dari Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional , Manajemen Bisnis dan Manajemen Kewirausahaan </p> https://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/jkomers/article/view/311 PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN (STUDI KASUS PADA OBJEK WISATA BUNTU BURAKE) KABUPATEN TANA TORAJA 2024-10-22T00:31:46+00:00 inda bangkulu indahbangkulu@gmail.com nashria akil nashariahakil@gmail.com hasiah hasiah Hasiahmangka66@gmail.com <p><em>Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh </em><em>fasilitas dan kualitas pelayanan</em><em> terhadap </em><em>k</em><em>epuasan </em><em>w</em><em>iasatawan (studi kasus pada objek wisata Buntu Burake) Kabupaten Tana Toraja. </em><em>&nbsp;Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui Google Form. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive Sampling yang dimana </em><em>jumlah sampel yaitu 4-5 orang responden per hari selama 30 hari Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer. Hasil penelitian ini menujukan bahwa fasilitas memilki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung&nbsp; akan tetapi kualitas layanan memilki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan fasiltas. Kesimpulan dari penelitian ini kepuasan pengunjung lebih mendominasi dalam melakukan rekomendasi untuk datang kembali dibandingkan dengan fasilitas layanan wisata buntu burake.</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp; </em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-10-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan https://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/jkomers/article/view/309 ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG TAK TERTAGIH TERHADAP TUNGGAKAN TAGIHAN PEMBAYARAN PADA PERUMDA TORAJA UTARA 2024-10-17T09:25:51+00:00 Elsi Tiku P elsitikupasang5@gmail.com Milka Pasulu milkapasulu@stim-lpi.ac.id Meldilianus N.J Lenas meldilianuslenas@stim-lpi.ac.id <p>&nbsp;</p> <h1>ABSTRAK</h1> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian internal dan efektifitasnya dalam mengurangi tunggakan pembayaran tagihan rekening air pada Perusahaan umum Daerah (PERUMDA) Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari data primer yaitu melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk internal controller questionnaires. Responden pada penelitian ini adalah karyawan bagian pengendalian internal dan bagian tunggakan.</em></p> <p><em>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap tunggakan pembayaran tagihan rekening air PERUMDA Toraja Utara.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2024-10-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan https://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/jkomers/article/view/312 PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA PASAPA KABUPATEN MAMUJU TENGAH 2024-10-29T08:04:02+00:00 Ririn Gustina riringustina08@gmail.com Azhary Ismail asharyismail@stim-lpi.ac.id Amiruddin Amiruddin amiruddin@stim-lpi.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Disiplin Kerja dan Motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai Kantor Desa Pasapa Kabupaten Mamuju Tengah. Dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Adapun Metode sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Artinya, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yaitu 18 orang. Hasil analisis uji t (parsial) menunjukkan bahwa disiplin kerja dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Adapun hasil uji f, (simultan) menunjukkan bahwa disiplin kerja dan motivasi berpengaruh signifikan secara simultan atau Bersama-sama terhadap kinerja pegawai.</p> <p> </p> <p><em> </em></p> 2024-10-29T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan https://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/jkomers/article/view/310 PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN DAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2024-10-21T08:07:35+00:00 herlina herlina Herlina31072000@gmail.com Arianto Taliding taliding@stim-lpi.ac.id aminah aminah aminah@stim-lpi.ac.id <p><a name="_Toc176301892"></a><em>Setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatannya usahanya tidak terlepas dari tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan laba. Laba merupakan penunjang kelangsungan hidup suatu perusahaan. Laba juga merupakan salah satu ukuran kemampuan perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan. </em><em>Ada banyak bisnis di Indonesia yang membantu pertumbuhan ekonomi negara. Industri tekstil dan garmen adalah salah satu yang paling signifikan. </em><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran persediaan dan modal kerja terhadap profitabilitas pada perusahaan Manufaktur sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022. Tipe penelitian ini adalah explanotary research, dengan sampel di sector tekstil dan garmen sebanyak 11&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; perusahaan selama periode 4 tahun sehingga dihasilkan sampel sebanyak 44 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan signifikansi sebesar 0,00 yang diuji menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara parsial perputaran persedian berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas dan modal kerja berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan perputaran persedian dan modal kerja berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. </em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-10-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan https://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/jkomers/article/view/301 PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI SELATAN 2024-10-08T00:04:02+00:00 Mutmaiinnah Mutmaiinnah mthmnnhmnshr@gmail.com Baharuddin Baharuddin baharuddin@stim-lpi.ac.id Andi Novita andinovita@stim-lpi.ac.id <table width="0"> <tbody> <tr> <td colspan="2" width="635"> <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> </td> </tr> <tr> <td colspan="2" width="635"> <p><em>Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud menginvestigasi bagaimana Motivasi dan Lingkungan Kerja berdampak terhadap Kinerja Pegawai Penelitian ini difokuskan pada Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai objek penelitiannya. Dalam penelitian ini, kami menggunakan data primer. Data ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis linear berganda dan uji hipotesis. Penulis mengambil sampel sebanyak 60 pegawai untuk penelitian ini. </em><em>&nbsp;</em><em>Temuan dari studi mengindikasikan bahwa Motivasi (X1) memiliki positif yang signifikan secara parsial tehadap hasil Pegawai (Y). Ini berarti bahwa tingginya tingkat tekad tidak selalu berdampak negatif pada pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang pegawai. Disisi lain, Lingkungan Kerja (X2) memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap hasil Pegawai (Y). Hal ini mengindikasikan bahwa Lingkungan Kerja dapat memajukan hasil pegawai.</em></p> </td> </tr> <tr> <td width="76">&nbsp;</td> <td width="560">&nbsp;</td> </tr> <tr> <td width="76"> <p><strong>&nbsp;</strong></p> </td> <td width="560"> <p><em>&nbsp;</em></p> </td> </tr> <tr> <td colspan="2" width="635"> <p><em>&nbsp;</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-10-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan https://stim-lpi.ac.id/jurnal/index.php/jkomers/article/view/300 PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI-SELATAN 2024-10-07T09:39:16+00:00 juana panedongan juanapanedongann@gmail.com baharuddin baharuddin baharuddin@stim-lpi.ac.id ihsan guntur ihsanguntur@stim-lpi.ac.id <table width="0"> <tbody> <tr> <td colspan="2" width="626"> <p><strong><em>Abstrak</em></strong></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk menginvestigasi bagaimana Motivasi dan Kepuasan Kerja berdampak terhadap kinerja Pegawai Penelitian ini difokuskan pada Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi-Selatan sebagai objek penelitiannya. Dalam penelitian ini, kami menggunakan data primer yang diperoleh melalui pengambilan sampel acak sederhana. Data ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Linier Berganda dan uji hipotesis. Penulis mengambil sampel sebanyak 65 pegawai untuk penelitian ini.</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Temuan dari studi mengindikasikan bahwa Motivasi (X1) memiliki pengaruh positif yang&nbsp; signifikan secara parsial terhadap hasil Pegawai (Y). Ini berarti bahwa tingginya Tingkat tekad tidak selalu berdampak positif pada pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seseorang pegawai. Disisi lain, Kepuasan kerja (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil Pegawai(Y). Hal ini mengindikasikan bahwa kepuasan kerja dalam pekerjaan dapat memajukan hasil pegawai.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> </td> </tr> <tr> <td width="66"> <p><strong>&nbsp;</strong></p> </td> <td width="560"> <p><em>&nbsp;</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-10-15T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan