PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KARTU PRA BAYAR TELKOMSEL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN STIE PEMBANGUNAN INDONESIA)

Muhlis Muhlis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Indonesia menggunakan kartu prabayar Telkomsel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pemberian kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen Program Studi Ekonomi STIE Pembangunan Indonesia yang menggunakan kartu pra bayar Telkomsel. Jumlah sampel penelitian adalah 77 orang, penentuan sampel yaitu dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data menggunakan teknik analisis regersi linear sederhana, sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji-t statistik. Selain itu digunakan koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa jauh proporsi variasi variabel independen dapat menerangkan dengan baik variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan: bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Indonesia menggunakan kartu prabayar Telkomsel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai R Square sebesar0,364, pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Indonesia pengguna kartu prabayar Telkomsel adalah sebesar 36,4%, sedangkan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti adalah sebesar 63,6%.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Konsumen, Kartu Prabayar

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung.

Assauri, S. 2015. Manajemen pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo.

Attack, S 2016. The Marketing Mix (Extended) . [Online].

Tersedia:https://www.youtube.com/watch?v=oMZMrnNWY-A&feature=youtu.be.

Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome, McCarthy. 2008. Alih Bahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani. Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran Cetakan II. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dengkeng, A. Sangkaraja. 2012. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar Simpati pada PT. Telkomsel di Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Makassar.

Goetsch, David L. &Davis, Stanley B. 2002. Pengantar Manajemen Mutu. Jakarta: PT Prenhalindo.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha.

Jupri. 2011. Pengaruh Marketing Mix Terhadaployalitas Konsumen Kartu Pra Bayar As Pt Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Alauddin Makassar). Skripsi. Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Kharisma, Adhita Dea. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar IM3 Ooredoo Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kotler, Philip dan Gary, Amstrong. 2014. Principle of Marketing 15th Edition . New Jersty: Person Prentice Hall.

Kotler, Philip &Keller, Kevin Lane.2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta:Erlangga.

__________. 2016. Marketing Manajemen 15th Edition.. Inc: Pearson Education.

Kusumah, A.F.W. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Negeri Makassar).Skripsi tidak diterbitkan. Makassar:Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasasaran Pendekatan Praktis Edisi Pertama.Jakarta: PT. Cemerlang.

Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa Cetakan II. Jakarta: Indeks.

Lovelock, Christopher, Joachen, Wirtz dan Jacky, Mussry. 2010. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Perspektif Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Lumintang, Andrew A. 2013. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy Di Kota Manado. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Akuntansi (EMBA). Vol. 1. No. 3. September 2013. Universitas SamRatulangi Manado. Manado.

Mei, Nanang Andhiyan Mergining. 2012. Pengaruh marketing Mix terhadap Loyalitas Konsumen Suplemen Impor dari USA di Kabupaten Bantul. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi (JBMA). Vol. 1 No. 1. Akademi Manajemen Administrasi (AMA) “YPK” Yogyakarta. Yogyakarta.

Nurullaili. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 2 No. 1.

Putra, Ade dan Eka Sulistyawati. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan dan Loyalitas nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Mengawi, Badung,Bali. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Denpasar.

Rotinsulu, Eric, Sumayku, Sontje M., & Sambul, Sofia A. P. 2015. “Pengaruh Harga, Produk dan Promosi TerhadapLoyalitas Konsumen Big Jay Family Karaoke”. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 2, No. 029 (2015): 1-14. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/7735. Diakses 9 Oktober 2018.

Selang, C.A.D. 2013. Bauran pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Mandao. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Akuntansi (EMBA). Vol. 1 No. 3. Politeknik Negeri Semarang. Semarang.

Setyaningrum, ari.,dkk. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi I. Yogyakarta: Andi.

Siregar, Syofian. 2013.Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

_______, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supandi. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Minyak Pelumas Pertamina Di Semarang. Jurnal Orbit. Vol. 5. No. 3. Nopember 2009. Politeknik Negeri Semarang. Semarang.

Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern Jilid I. Yogyakarta: Liberty.

Thidi 2019. PengertianPemasaran dan Baurannya (marketing mix) dalam Bisnis. [Online]. Tersedia: https://thidiweb.com/bauran-pemasaran/.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

_____________. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Widiyono dan Pakkanna, Mukhaer. 2013. Pengantar Bisnis : Respon terhadap Dinamika Global. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Yudistira,Putu, dkk. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk. Jurnal Manajemen dan Pelanggan Farmasi. ISSN:2028-2139.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.