PENGELOLAAN INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN

Hartini Hartini, Heri Heri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fungsi pengelolaan informasi terhadap efektivitas pembelajaran pada Sekolah Dasar di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitif yang menekankan pada aspek pengukuran secara objektif terhadap fenomena sosial. Populasi dalam penelitian adalah pegawai/karyawan dan seluruh guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Kindang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, kuesioner, dan dokumnetasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi ganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh pengelolaan informasi secara bersama-sama berpengaruh nyata (signifikan) terhadap kinerja pegawai/guru SD di Kecamatan Kindang.  Hal ini dapat dilihat dari fungsi perencanaan, di mana sebelum merumuskan program kerja terlebih dahulu menerapkan kebijakan-kebijakan, prosedur serta standar yang harus dicapai, kemudian melakukan perencanaan kegiatan dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan para staf dan pegawai serta selalu menyesuaikan materi perencanaan. Fungsi pengorganisasian, walaupun menunjukkan pengaruh yang positif dikarenakan pemilihan dan penempatan para pegawai serta pemberian tugas jelas, ditambah lagi dengan kondisi sarana dan prasarana yang mendukung, oleh karena itu fungsi ini tidak   berpengaruh positif dan signifikan. Sedang variabel evaluasi meskipun pengaruhnya positif tetapi tidak signifikan terhadap efektivitas pembelajaran.

Kata kunci: Perencanaan, Pengelolaan, Evaluasi, Efektivitas Pembelajaran.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abbas, D. S., Agustina, Y., Sari, M. R., Ardiana, D. P. Y., Hartini, H., Moridu, I., ... & Butarbutar, M. (2020). PENGANTAR MANAJEMEN UNTUK ORGANISASI PUBLIK DAN BISNIS.

Bafadal, Ibrahim. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hartini, M., Haerani, H., Mardiana, R., & Sumardi, F. (2017). The Influences of Quality of Work Life and Organizational Justice on the Employees Performance of the State Owned Enterprises (SOEs) in South Sulawesi. SciRJ, 5(3), 1-8.

Karsidi, Ravik. 2005. Sosiologi Pendidikan. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS.

Khasanah, U. (2016). Pelaksanaan Pengawasan Dengan System Informasi Manajemen (SIM) Dalam Peningkatan Profesionalitas Guru PAI di SDN 2 Baturetno. Tesis. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, R., & Asmin, E. A. (2021). Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(1), 52-65.

Salim, N. A. (2017). Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Sekolah Melalui Penguatan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah. Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 8-16.

Septiyani, L., Soegito, & Nurkolis. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri 02 Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 5(1), 43-54.

Umaedi, Hadiyanto, & Siswantari. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Uno, Hamzah. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala sekolah. Jakarta: Grafindo.

Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Prestasi Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.