Kolaborasi Internasional Conference Kedua – SEAAM dan STIM LPI Makassar

South East Asia Academic Mobility (SEAAM) dijadwalkan akan melaksanakan International Conference pada Tanggal 14 – 20 September 2020.

Dalam kegiatan ini dengan mengambil tajuk utama yakni Southeast Asia Academic Forum on Sustainable Development (SEA-AFSID) 2020. Pada pelaksanaan kegiatan ini akan lebih memprioritaskan terkait dengan issue-issue pembangunan berkelanjutan pada kawasan Asia Tenggara. Pelaksanaan International Conference SEA-AFSID 2020, STIM LPI Makassar bertindak sebagai tuan rumah

Ajd. Prof. Ismail S. Wekke selaku Scientific Committee SEAAM menyampaikan bahwa pentingnya membangun kesamaan persepsi di kawasan Asia Tenggara yang selama ini kita kenal dengan ASEAN Community. Pada aspek Sustainable Development merupakan hal yang sangat urgent, sebab saat ini belum keluar dari Pandemic Global Covid-19. Maka dari hal itu semua dibutuhkan suatu gerakan bersama yang selama ini dikenal dengan kolaborasi dalam membangun issue-issue pembangunan berkelanjutan.

Andi Nuryadin selaku Ketua STIM LPI Makassar menyampaikan bahwa perguruan tinggi harus memiliki peran stategis dalam menyongsong terjadinya suatu gerak yang selama ini sangat diluar dari kendali prediksi yakni Pandemic Global Covid-19. Keberlanjutan pembangunan dalam masa krisis Pandemi Covid-19 seperti saat ini, tentunya memberikan dampak signifikan terhadap laju perkembangan pembangunan pada Negara manapun di dunia ini. Dibutuhkan kolaborasi dari berbabagai Perguruan Tinggi dalam mengambil peran untuk berkontribusi terhadap pembanguan dari daerah hingga tingkat nasional.

Selain itu Abdul Karim selaku Organizing Committee SEAAM mengungkapkan bahwa SEA-AFSID 2020 akan menghadirkan berbagai Keynote Speaker dari beberapa tokoh nasional yang konsen dalam akademik untuk memberikan analisis yang konstruktif dalam pembangunan berkelanjutan. Selain itu dalam pelaksanaan ini akan menghadirkan 7 keynote dari mancanegara seperti Brasil, India, Turki, Australia, Malaysia, China, Vietnam. Selain itu juga akan menghadirkan panelis dari unsur pemerintah seperti Wakil Bupati Enrekang, Bappeda Sulsel dan Pemerintah Kota Makassar. Kesemuanya diundang sebagai keynote dan speaker dalam pembahasan utama International Conference dalam tajuk Sustanaible Development.

Sementara Organizing Committee STIM LPI yakni Andi Irwan menyampaikan bahwa SEA-AFSID 2020 akan diselenggaran dengan metode Daring dan Luring. Hal ini dilakukan untuk mengikuti akselerasi trend komunikasi saat ini. Selain panelis dari mancanegara dan unsur pemerintah, STIM LPI juga akan menghadirkan panelis dari UI, UGM, IPB, Univ. Brawijaya, UNM, UMI, UIN Alauddin Makassar, IAIN Sorong, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Bosowa Makassar, Universitas Muhammadiyah Sorong, IAIN Batu Sangkar. Saat ini, persiapan kegiatan ini sudah maksimal dari tahap sosialisasi dan tetap dimaksimalkan sebelum pelaksanaan pembukaan Internasional Conference pada tanggal 14 – 20 September 2020.

Bagikan :